Mata kuliah ini  dirancang untuk membekali mahasiswa pemahaman dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, khususnya menulis makalah, dengan topik konsep dasar karya ilmiah, bahasa Indonesia karya ilmiah, tatatulis karya ilmiah, perencanaan penulisan karya ilmiah, penulisan karya ilmiah, dan penyuntingan karya ilmiah.. Model pembelajaran diterapkan  lewat ceramah/tatap muka dan diskusi kelas, dibantu dengan pembelajaran online. . Penugasan diberikan baik di dalam maupun di luar kelas, baik individu maupun kelompok. Penilaian dilakukan berdasarkan ujian tengah semester, ujian akhir semester berupa projek draft karya ilmiah, dan partisipasi kelas.


Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemahiran dan kompetensi komunikasi lisan mahasiswa dalam konteks sosial dan interkultural. Fokus pengembangan kemahiran mata kuliah ini adalah pada kelancaran (fluency), keakuratan (accuracy), keberterimaan (appropriateness), serta kefektifan (effectiveness) dalam berkomunikasi karenanya materi perkuliahan terdiri dari fungsi-fungsi bahasa Inggris dalam konteks formal dan informal. Selain ceramah, perkuliahan diselenggarakan dengan kegiatan berupa role plays, interviews, information transfers dan information exchanges, serta language games. Penilaian pencapaian pembelajaran mahasiswa dilakukan melalui partisipasi perkuliahan, weekly individual performance, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemahiran dan kompetensi komunikasi lisan mahasiswa dalam konteks sosial dan interkultural. Fokus pengembangan kemahiran mata kuliah ini adalah pada kelancaran (fluency), keakuratan (accuracy), keberterimaan (appropriateness), serta kefektifan (effectiveness) dalam berkomunikasi karenanya materi perkuliahan terdiri dari fungsi-fungsi bahasa Inggris dalam konteks formal dan informal. Selain ceramah, perkuliahan diselenggarakan dengan kegiatan berupa role plays, interviews, information transfers dan information exchanges, serta language games. Penilaian pencapaian pembelajaran mahasiswa dilakukan melalui partisipasi perkuliahan, weekly individual performance, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemahiran dan kompetensi komunikasi lisan mahasiswa dalam konteks sosial dan interkultural. Fokus pengembangan kemahiran mata kuliah ini adalah pada kelancaran (fluency), keakuratan (accuracy), keberterimaan (appropriateness), serta kefektifan (effectiveness) dalam berkomunikasi karenanya materi perkuliahan terdiri dari fungsi-fungsi bahasa Inggris dalam konteks formal dan informal. Selain ceramah, perkuliahan diselenggarakan dengan kegiatan berupa role plays, interviews, information transfers dan information exchanges, serta language games. Penilaian pencapaian pembelajaran mahasiswa dilakukan melalui partisipasi perkuliahan, weekly individual performance, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengomunikasikan gagasan secara lisan dalam berbagai kegiatan akademik atau wacana lisan ilmiah formal. Materi pembelajaran meliputi pidato formal (informatif dan persuasif), dan presentasi dalam seminar/konferensi/workshop atau semacamnya tentang topik-topik yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris, linguistik, atau sastra. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk mampu memainkan berbagai peran dalam forum lisan akademik ilmiah formal, yaitu moderator, pembahas, notulis, maupun peserta. Kegiatan perkuliahan meliputi ceramah, role play, simulasi, diskusi kelompok dan kelas, dan presentasi. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa dilakukan melalui pemberian tugas individu dan kelompok, pengamatan terhadap unjuk kerja, partisipasi dalam kegiatan kelas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.


Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengomunikasikan gagasan secara lisan dalam berbagai kegiatan akademik atau wacana lisan ilmiah formal. Materi pembelajaran meliputi pidato formal (informatif dan persuasif), dan presentasi dalam seminar/konferensi/workshop atau semacamnya tentang topik-topik yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris, linguistik, atau sastra. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk mampu memainkan berbagai peran dalam forum lisan akademik ilmiah formal, yaitu moderator, pembahas, notulis, maupun peserta. Kegiatan perkuliahan meliputi ceramah, role play, simulasi, diskusi kelompok dan kelas, dan presentasi. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa dilakukan melalui pemberian tugas individu dan kelompok, pengamatan terhadap unjuk kerja, partisipasi dalam kegiatan kelas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.


Perkuliahan ini memberikan wawasan, pengetahuan, dan konsep tentang bagaimana mengikuti perkembangan siswa terkait kebahasaannya terutama dalam konteks Indonesia. Topik yang dibahas meliputi bagaimana siswa  memperoleh bahasa asing sebagai dasar untuk merancang pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing, termasuk pendapat para ahli tentang bagaimana siswa  belajar bahasa. Perkuliahan diselenggarakan melalui tatap muka, diskusi, penugasan, presentasi kelas. Penilaian dilakukan berdasarkan partisipasi kelas,penugasan, ujian tengah dan akhir semester